DUNIA JURNALISTIK, APA SIH? – PEKAN MEDIA DAN JURNALISTIK ITB 2012

29 Feb

Hari Minggu kemarin tepatnya tanggal 25 Februari 2012, KM ITB dan HIMASITH Nymphaea menyelenggarakan acara Pekan Media & Jurnalistik ITB 2012 di Auditorium IPTEKS CC Timur ITB. Pada pekan media & jurnalistik ini diselenggarakan dua acara workshop, yaitu workshop jurnalistik dan workshop multimedia. Workshop ini dihadiri oleh 100 orang peserta, yang terdiri dari perwakilan seluruh himpunan mahasiswa jurusan di ITB, civitas akademika ITB,  maupun masyarakat umum.

Terdapat 3 sesi dalam acara workshop pekan media & jurnalistik ini. Sesi pertama adalah sesi sharing-sharing mengenai topik “Jurnalisme Dasar” dengan pembicara Mas Alex dari Kompas TV. Pada sesi ini mas Alex berbagi ilmu mengenai apa itu jurnalistik -adalah pengumpulan, pemilahan, verifikasi, pengemasan, penyiraran informasi kepada masyarakat-, serta berbagi pengalaman mengenai dunia jurnalistik yang telah mas Alex geluti; mengenai bagaimana jurnalistik dapat menjadi sebuah media pencerdesan, bagaimana seorang jurnalistik harus memegang kode etiknya, bagaimana kiat-kiat menjadi seorang best practice dalam dunia jurnalisme, dan masih banyak lagi.

Sesi kedua diisi oleh mas Firman Firdaus, seorang editor senior majalah National Geographic Indonesia. Kali ini mas Firman memberi kiat-kiat mengenai bagaimana menulis sebuah karya agar dapat menjadi karya ilmiah yang populer dengan kemasan yang menarik. Mas Firman mengatakan sebuah sains populer adalah sebuah tulisan biasanya berupa artikel untuk menyebarkan informasi yang ditunjukkan bukan untuk pakar terkait, melainkan untuk masyarakat. Metode menulis pun perlu diperhatikan seperti penentuan topik, penulisan judul yang baik, cara penyajian angka agar lebih mudah di baca oleh pembaca dalam penulisan artikel ilmiah, proporsi visual dengan teks di dalam artikel, dan lain-lain. Sedikit mengutip resep sukses dalam menulis yang ampuh dari mas Firman: MENULIS, MENULIS, DAN MENULIS! Teruslah berlatih menulis.

Acara terakhir pada pekan media dan jurnalistik ini adalah pelatihan mendesain layout majalah dengan Adobe InDesign. Pada workshop kali ini, seluruh peserta ditraining langsung mendesain layout majalah oleh Kang Panji, TG’06. Kang Panji sendiri adalah seorang layouter di majalah energi. Pada workshop ini peserta sangat antusias. Pemilihan warna majalah, tata letak gambar dan proporsinya dengan teks yang ada di layout ternyata menjadi kunci mendesain sebuah majalah.

Selain KM-ITB dan Nymphaea, berbagai himpunan lain pun turut mendukung keberjalanan acara ini antara lain MTI ITB, HIMA TG “TERRA”, HIMAFI, HMTL, HMS. Dengan adanya pekan media & jurnalistik ini, diharapkan mahasiswa ITB maupun masyarakat umum dapat ikut berkiprah dalam dunia jurnalistik, dengan mengemas jurnalistik itu sendiri sebagai sebuah media yang menarik sebagai sumber informasi. Yah, semoga dengan adanya acara ini media jurnalistik di kampus ITB nantinya lebih maju lagi, begitu juga dengan tulisan-tulisan karya ilmiah civitasnya, lebih mendunia & semakin populer! (Sangga Placenta Avrianza, 13410079) – artikel untuk diterbitkan di MTI Lite edisi dwiminggu awal Maret 2012.

Berikut saya lampirkan mindmap dari workshop tersebut. Maaf kalau tulisan tangan saya jelek :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: