Farmadays 2011

14 Nov

Farmadays 2011

Farmadays 2011 merupakan rangkaian acara yang akan diadakan pada tanggal 13 s.d. 20 November 2011 di Institut Teknologi Bandung, Bandung, Jawa Barat. Acara ini dimaksudkan untuk mengaplikasikan dan memperkenalkan keilmuan farmasi secara luas sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat yang terasa bagi masyarakat luas. Rangkaian acara ini dikemas dengan sedemikian rupa sehingga diharapkan dapat memberikan kesan yang mendalam dan dapat menginspirasi bagi masyarakat luas.

Patient Counseling Event

19 s.d. 20 November 2011
Patient Counseling Event (PCE) merupakan salah satu program kerja dari IPSF (International Pharmaceutical Student’s Federation) yang diadaptasi dan dilaksanakan setiap tahun secara berkala di Indonesia oleh HMF ‘Ars Praeparandi’ ITB. IPSF sendiri merupakan organisasi mahasiswa farmasi tingkat dunia.
Patient Counseling Event (PCE) 2011 merupakan suatu perlombaan dibidang konseling yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1 farmasi dan mahasiswa pendidikan profesi apoteker di Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa farmasi Indonesia dalam bidang patient care.
Patient Counselling Event (PCE) bertujuan untuk mengembangkan skill komunikasi dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan konseling kepada pasien agar tercipta hubungan penuh kepercayaan antar pasien dan apoteker. PCE terdiri dari dua bagian utama, yaitu studium generale dan lomba konseling pasien. Studium generale merupakan seminar dengan topik kefarmasian yang dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang ilmu kefarmasian dan sekaligus dapat menjadi bekal bagi peserta yang juga mengikuti lomba konseling pasien. Lomba konseling pasien dibagi kedalam tiga babak, yaitu penyisihan, semifinal, dan final.
Dalam lomba ini peserta dituntut untuk dapat memberikan konseling kepada pasien berdasarkan kasus yang telah diberikan. Agar semua peserta mendapat gambaran dan bobot yang sama dari kasus yang dilombakan, pasien dalam lomba diperankan oleh aktor atau aktris yang telah disiapkan oleh pihak penyelenggara.

Studium Generale

Acara ini diadakan pada hari pertama dari rangkaian acara PCE dalam bentuk seminar dengan tema “Penyalahgunaan Obat di Kalangan Masyarakat dan Peran Farmasis di dalamnya.”
Narasumber:
  • Dra. Engko Sosialine Magdalene, Apt., M.Bio.Med. (Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian Kementrian Kesehatan Republik Indonesia). – Topik : Peran Farmasis
  • Ibu Linda Sitanggang (Direktur Penilaian Obat dan Produk Biologi BPOM) *dalam konfirmasi – Topik : Penyalahgunaan Obat
  • Ibu Sri Hartini M.Si., Apt. (Bagian Instalasi Farmasi RS Hasan Sadikin, Bandung) – Topik : Psikologi Pasien dalam Konseling

Kompetisi

Konseling PasienAcara inti dari PCE ini dilakukan setelah Studium Generale. Kompetisi konseling pasien ini diikuti oleh peserta dari universitas se-Indonesia, yang terbagi menjadi tiga babak, yaitu penyisihan, semifinal, dan final.
Pada babak penyisihan, setiap peserta kompetisi konseling akan memperoleh sebuah kasus konseling. Setiap peserta dituntut untuk dapat memberikan konseling mengenai obat yang diberikan dalam kasusnya sejelas mungkin kepada pasien yang kemudian akan dinilai oleh dua orang juri. Kompetisi pada babak penyisihan sampai semifinal bersifat tertutup (tidak dapat ditonton oleh umum). Peserta yang lolos dari babak penyisihan akan masuk ke babak semifinal.
Peserta yang masuk ke babak semifinal dan final merupakan hasil seleksi dari babak penyisihanyang diikuti oleh 100 peserta beginner(S1) dan 50 peserta advanced (program pendidikan profesi apoteker). Jumlah peserta yang diambil adalah 20 orang terbaik dari tingkatbeginner (S1) dan advanced (program pendidikan profesi apoteker). Kompetisi ini bersifat tertutup. Lima peserta terbaik dari masing-masing tingkat berhak melanjutkan kompetisi ke babak final. Kompetisi final ini bersifat umum dan dapat ditonton oleh masyarakat banyak.

Hadiah

Pada kompetisi ini akan diperebutkan Piala Bergilir Patient Counseling Event dari Dekan Sekolah Farmasi ITB. Selain itu para pemenang juga akan mendapatkan hadiah dengan rincian sebagai berikut:
Beginner
  • Juara I : Hadiah sebesar Rp 4.000.000,- (termasuk voucher senilai Rp 2.000.000,- untuk mengikuti kompetisi PCE internasional di 58th IPSF World Congress 2012, Mesir)
  • Juara II : Hadiah sebesar Rp 1.500.000,-
  • Juara III : Hadiah sebesar Rp 1.000.000,-
Advanced
  • Juara I : Hadiah sebesar Rp 5.000.000,- + Piala bergilir Dekan SF ITB (termasuk voucher senilai Rp 2.000.000,- untuk mengikuti kompetisi PCE internasional di 58th IPSF World Congress 2012, Mesir)
  • Juara II : Hadiah sebesar Rp 2.500.000,-
  • Juara III : Hadiah sebesar Rp 2.000.000,-

 

Beauty Class

Aula Barat ITB, 13 November 2011
Beauty class merupakan suatu acara di bidang kecantikan yang berbasis pada penggunaan kosmetik. Rangkaian acara beauty classterdiri dari seminar dan workshop.
Tema seminar adalah mengenai kesehatan kulit dan perawatan tubuh, terutama perawatan menggunakan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk kecantikan serta mudah didapatkan disekitar kita. Seminar tersebut akan diisi oleh pembicara yang ahli di bidang kosmetik dan kecantikan. Setelah sesi seminar, akan diadakan workshop keterampilan mengenai penggunaan kosmetik, khususnya make-up decorative yang baik dan benar sesuai dengan bentuk wajah dan situasi acara yang  akan dihadiri.
Peserta dalam sesi workshop ini akan dibentuk dalam beberapa kelompok kecil dimana setiap kelompok akan dipandu oleh seorang tutor yang ahli dalam penggunaan make-up decorative. Setiap peserta akan mempelajari ilmu dasar mengenai make-up sesuai dengan panduan tutor. Setelah sesi workshop tersebut, peserta dapat menggunakan photo booth yang tersedia untuk mengabadikan hasil riasannya.

Workshop dan Seminar

Aula Barat ITB, 20 November 2011
Workshop & seminar merupakan acara yang mengedukasi peserta mengenai pola hidup sehat dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan ini akan diadakan seminar mengenai makanan, olah raga, dan vaksin*). Selanjutnya akan diadakan sesi workshop dimana peserta akan menghitung BMI, kalori, membuat menu makanan sehat. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya pola hidup sehat.
*) dalam konfirmasi.

Pameran Karya

Lapangan Cinta ITB, 19 s.d. 20 November 2011

Deskripsi Acara

Pameran karya merupakan suatu wadah bagi pemilik karya untuk mempublikasikan karya dan turut serta dalam pencerdasan masyarakat. Dalam lingkup ITB, banyak sekali karya kefarmasian yang telah dihasilkan yang merupakan buah pikiran mahasiswa SF ITB secara individual, kelompok, maupun masiv dengan bimbingan para dosen ahli. Buah kerja keras dan kepedulian tersebut, ditujukan untuk menjawab pertanyaan yang ada dan memberikan inovasi yang baru, yang sungguh diharapkan dapat diterapkan secara langsung ke dalam masyarakat serta turut andil dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kesejahteraan masyarakat.

Konsep Acara

Buah karya mahasiswa yang ada akan digolongkan ke dalam lima kelompok keahlian, yaitu farmakokimia, farmakologi, farmaseutika, biologi farmasi, dan olahraga. Karya tersebut akan dipamerkan dalam bentuk poster dan benda fisik nyata yang dapat memvisualisasikan karya tersebut. Agar pencerdasan pengunjung dapat berlangsung secara efektif, Pameran Karya akan menyediakan pemandu karya yang akan menjelaskan karya-karya yang ada dengan menarik dan sederhana sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam yang tidak memiliki dasar kefarmasian. Selain itu, pengunjung akan dibagikan katalog karya yang juga memberikan informasi penting yang dapat dibawa pengunjung ke luar pameran. Di ruang pameran akan tersedia stand-stand yang berkaitan dengan dunia kefarmasian, seperti stand pembuatan lotion, farmasi pedesaan, pemberian vaksin (oleh dokter yang di sediakan oleh pihak sponsor dalam hal ini GSK), dan lain-lain. Ruang pameran akan didekorasi sedemikian rupa sehingga nyaman bagi pengunjung dengan latar belakang soft music sehingga komunikasi dua arah tetap terjalin kondusif dan suasana yang tidak membosankan bagi pengunjung.
Untuk informasi lebih lanjut:
Kontak Kami:
Sekretariat HMF ‘Ars Praeparandi’
Basement Labtek VII
(Gedung Yusuf Panigoro)
Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10, Bandung
Facebook Group:
Email:
Website:
Contact Person:
Sari Fajrina
081267014757
Reswita Dery G.
085720063838
Organised by:

Supported by:

Media Partner:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: