Bandung International Folklore Festival 2011

21 Aug

Bandung International Folklore Festival (BIFF) 2011 adalah sebuah perhelatan budaya yang dipersembahkan oleh mahasiswa SBM ITB kepada masyarakat Kota Bandung dengan tujuan memperkenalkan kebudayaan dari berbagai macam Negara yang ada, terutama Indonesia.

Pada pelaksanaannya, BIFF merupakan sebuah rangkaian acara yang  secara sengaja mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang ada selama sepekan.Rangkaian acara tersebut berupa penampilan-penampilan dari Negara-negara yang sengaja kami undang untuk tampil di tengah-tengah masyarakat. Negara-negara yang akan tampil adalah Meksiko, Belanda, Filipina, dan beberapa negara lainnya.
Ada pula berbagai perlombaan menarik dapat diikuti oleh semua lapisan masyarakat. Diantaranya adalah:
1.              – Lomba Fashion Design, mengambil tema Culture Couture, yang ditujukan kepada komunitas fashion di Bandung, serta mahasiswa kriya.
2.              – Lomba Fotografi, yang ditujukan kepada komunitas fotografi di Indonesia.
3.              – Lomba Design Logo BIFF untuk merchandise untuk kalangan mahasiswa dan siswa SMA.
Selain perlombaan yang telah disebutkan, BIFF juga akan mengadakan beberapa workshop yang akan mengajak masyarakat untuk melihat dan belajar budaya Indonesia dan Negara lain.
Seluruh rangkaian acara akan dilaksanakan mulai Sabtu, 15 oktober 2011. Dibuka dengan Gala Dinner yang dihadiri oleh seluruh peserta dan juga akan turut mengundang Gubernur Jawa Barat dan Walikota Kota Bandung. Para peserta BIFF nantinyaakan menampilkan kesenian negaranya masing-masing di beberapa spot di kota Bandung, diantaranya di PVJ, Ciwalk, Monumen Perjuangan, dan tentu saja ITB selama satu minggu penuh.
Puncak acara Bandung International Folklore Festival (BIFF), yang semula direncanakan berjalan pada tanggal 1 Oktober 2011, akan diadakan pada tanggal 22 Oktober 2011 di GASIBU, Bandung. Puncak acara ini merupakan festival satu hari penuh dengan konsep mengajak seluruh pengunjung untuk “berkeliling dunia dalam satu hari” saja. Dalam acara ini akan menampilkan seluruh talent atau artis dari luar negeri yang dipadukan artis kesenian lokal. Selain itu, acara ini juga akan menampilkan artis-artis top lokal Kota Bandung. Semuanya akan tumpah ruah menyambut suka cita apa yang disebut folklore itu sendiri. Melalui acara ini, panitia berharap setiap anggota masyarakat akan menghargai serta mencintai budaya sendiri dan menghargai budaya masyarakat dari Negara lain.
BIFF sebelumnya pernah dilaksanakan di ITB Bandung pada tahun 2007 sebagai ajang berkumpulnya para mahasiswa yang saling mengenal antar Negara satu sama lain. Kini, BIFF sengaja dibawa ke tengah masyarakat untuk memperlihatkan keunikan dan kecantikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di dunia.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kontak Nistria Meiying (08179208388) atau kunjungi websitenya di www.bandungfolklorefest.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: