Tujuan Hidup

23 Jul

Jika berbicara tentang tujuan hidup, selayaknya lah saya berbicara tentang suatu tujuan dalam hidup saya yang masih berada dalam ranah realistis. Mengapa realistis? Karena tujuan hidup merupakan sesuatu yang ingin dicapai dalam hidup ini. Kerealitisan inilah yang membuat tujuan hidup menjadi dapat dicapai. Lalu apakah tujuan hidup itu merupakan sebuah visi? Tujuan hidup jelas berbeda dengan visi. Tujuan hidup merupakan sesuatu yang ingin dicapai dalam ranah realistis, sedangkan visi hidup adalah sesuatu yang dipegang erat oleh seseorang yang dapat menjadi pedoman untuk mencapai tujuan hidupnya.

Oke, sekarang mari berbicara tentang tujuan hidup saya. Tujuan hidup saya adalah mencapai kesuksesan di dunia dan di akhirat. Hm, mungkin ini masih mengawang-awang karena tiap kesuksesaan seseorang relatif terhadap seseorang lainnya. Maka dari itu saya memerlukan sebuah parameter untuk mendefinisikan kesuksesan tersebut. Kesuksesan di dunia, menurut saya, adalah jika saya dapat membuat perubahan bagi lingkungan saya, perubahan membawa kemajuan. Di manapun saya berada, saya berharap saya bisa membuat suatu perubahan yang membawa kepada kemajuan, membuat diri saya berguna bagi lingkungan.

Kesuksesan akhirat, menurut saya merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan dunia. Menurut saya apapun yang dilakukan idelanya seimbang antara hal dunia maupun akhirat. Parameter kesuksesan akhirat saya adalah jika saya dapat mencapai surga-Nya mendapatkan ridho-Nya. Untuk mencapai hal tersebut saya hanya dapat berusaha untuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Membawa perubahan dalam lingkungan untuk mencapai suatu kemajuan, menjadi diri yang berguna bagi lingkungan sekitar, meraih surga dan ridho-Nya, bukankah hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang dapat dicapai, yang menunjukan sebuah tujuan yang realitis dalam kehidupan saya?🙂

One Response to “Tujuan Hidup”

  1. Litbang 2011 July 26, 2011 at 11:52 am #

    Tujuan hidup kamu bagus. Semoga MTI nantinya mampu menjadi wadah untuk membantu pencapaian tujuan hidup kamu. Btw, mana tugas essay negara, resume 25 juli 2011.

Leave a Reply

