[HMFT] [Biaya masuk ITB 2011 & Tips Bayar Murah kuliah di ITB]

24 Feb

Silahkan dibaca. Soalnya kemarin ada pembahasan ttg ITB mahal, jadi mungkin ini solusinya.
Saya kurang tahu anggaran ITB tapi yang saya tahu untuk menjadi universitas yang berbasis riset itu memakan investasi yang gede.

———- Forwarded message ———-
From: Afzalurrahman Assalam

Mohon dishare ke adik agan2 sekalian agar mereka bisa mendapat Info ini dan berani masuk Itebe khususnya bagi yang kurang beruntung ekonominya…
Biaya masuk ITB 2011 & Tips Bayar Murah kuliah di ITB

Pertama-tama, tolong dibaca secara lengkap, biar info yang didapat tidak parsial. Hatur nuhun 🙂

__________________________________________

Pertanyaan pertama  :   gimana caranya masuk ITB? berapa biaya pendaftaran ujiannya?

1. Daftar secara online di  http://www.snmptn.ac.id/

2. Mengenai pembayaran, jumlahnya sbb (salah satunya saja, sesuai program studi yang ingin dipilih):

    • Kelompok IPA dan IPS : Rp.
150.000,- (dapat memilih maksimum 2 program studi)
    • Kelompok IPC : Rp. 175.000,- (dapat memilih maksimum 3 program studi)
    • Ujian Keterampilan : Rp. 150.000,- (khusus Fakultas Seni Rupa & Desain)

3. Jenis Ujian SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis :

    • Tes Potensi Akademik (TPA) .
    • Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP)  :
        • Tes Bidang Studi Dasar : Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
        • Tes Bidang Studi IPA : Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
        • Tes Bidang Studi IPS : Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
    • Khusus bagi peminat FSRD , diharuskan untuk mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan dua hari setelah pelaksanaan ujian tertulis. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di PTN
yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan atau PTN terdekat dari tempat pendaftaran peserta yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta.

jawaban selengkapnya ada di link berikut :  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-3.htm (tentang tata cara pendaftaran) dan link  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-2.htm (tentang persyaratan peserta).

__________________________________________

berapa sih  biaya masuk ITB tahun 2011? berapa sih  biaya total belajar di sana nantinya?

Jadi, biaya pendidikan di ITB ada dua:

1. Biaya pendidikan di muka (BPM). dibayar satu kali di awal masuk ITB. Besarnya maksimal  Rp55.000.000 (ada diskonnya juga lho. makanya baca sampai akhir ya)
2. Biaya pendidikan per semester (BPP). dibayar setiap awal semester kuliah. Besarnya Rp5.000.000/semester.

__________________________________________

Waduh, kok mahal banget ya biayanya? ada ga caranya biar bisa bayar murah ?

Hoho,, tentu ada sodara-sodara. Begini, ikutin tipsnya ya:

Ternyata kita bisa meminta diskon Biaya BPM yang 55juta itu, bahkan tersedia diskon 100% bagi lebih dari 600 orang. Begini caranya:

1. Download dan isi formulir permohonan diskon BPM di [ link ini ] atau di sini :  http://www.itb.ac.id/usm-itb/form-bpm-2011-t.pdf

2. Pada bagian permohonan subsidi, jangan lupa centang/pilih yang 25%, 50%, 75%, atau yang  100%

3. kirim formulirnya. Boleh lewat fax, email, atau pos, ke alamat:

Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1 
Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp.: 022-2508519, 022-4254016
Faks.: 022-2508519
E-mail :  usmitb@pusat.itb.ac.id

3. Siapkan bukti-bukti yang mendukung. Bukti-bukti ini diserahkan saat pendaftaran mahasiswa baru nanti (setelah pasti diterima). Misalnya:
– Slip gaji orang tua (kalau ada. kalau ga ada bikin sendiri aja, tulis aja gaji yang kecil. hehe,, tapi jangan boong yak )
– Surat keterangan RT/RW daerah asal. Jadi berupa keterangan kalau keluarga tidak mampu membayar banyak untuk masuk ITB.
– Surat keterangan kondisi keluarga. Misalnya jumlah keluarga dan kondisi pekerjaannya. Lebih direkomendasikan bagi anda yang punya banyak adik-adik yang masih sekolah, jadi terlihat kalau tanggungan beban orang tua itu besar sekali, hoho  ;) .

4. Spesial: Bagi calon mahasiswa yang sejak awal hanya berminat untuk memilih Program Studi  Astronomi  (FMIPA), Program Studi  Meteorologi  (FITB), dan/atau Program Studi  Oseanografi  (FITB)
dapat mengajukan permohonan Beasiswa Minat berupa subsidi 100% BPM. Untuk itu pemohon harus menyerahkan Formulir Pilihan Program Studi ITB yang dapat diunduh dari situs  http://www.itb.ac.id/usm-itb/form-prodi-2011.pdf  paling lambat tanggal 24 Mei 2011, pukul 15.30 WIB. Formulir yang telah diisi lengkap dikirimkan melalui kantor pos, faksimili,  e-mail , atau diserahkan sendiri ke alamat:

Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1
Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp.: 022-2508519, 022-4254016
Faks.: 022-2508519
E-mail :  usmitb@pusat.itb.ac.id

5. Kalau BPM sudah “beres”, maka tinggal mencari beasiswa untuk membayar BPP. Di sini banyak tersedia beasiswa, misalnya beasiswa ITB untuk semua (BIUS   http://www.itbuntuksemua.com  ).

6. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan
rejeki lebih biar bisa kuliah di ITB. Syukur-syukur kalo ga perlu minta diskon biar masuk kampus itu, apalagi kalau bisa memberikan sebagian rezeki kita buat meringankan beban yang lain. InsyaAllah pahala lho 🙂

__________________________________________ Info lebih lanjut?

– buka situs ini:  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-4.htm

– komen aja di mari. atau

– Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :

Kantor Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Direktorat Pendidikan ITB
u.p.  Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Telepon           : 022-4254016
Telepon           : 022-61083601
Faksimili         : 022-2508519
E-mail
             :  usmitb@pusat.itb.ac.id


Best Regards
Hadi Teguh Yudistira
Strive to paradise
Endurance and Struggle

Nano/Micro System Laboratory (NMSL)
Aerospace and Information Engineering Department
Konkuk University, Seoul
http://nmsl.konkuk.ac.kr

Alumni Teknik Fisika ITB 2004
hadi_yudistira@bismillah.com
Cell phone: +628116024253 (Indonesia)
+8210-6875-8448 (Korea)
Office : +822-444-6614
http://www.yudistira-himura-naruto.blogspot.com
http://yudistirahimura.multiply.com


Website : http://skullers.tf.itb.ac.id
Forum : http://skullers.tf.itb.ac.id/forum
 
Facebook Group : http://www.facebook.com/group.php?gid=269105675406
Facebook FanPage : http://www.facebook.com/pages/HMFT-aka-Skullers/278364480993
 
Twitter : http://twitter.com/skullers_hmft
Plurk : http://www.plurk.com/skullers_hmft
Koprol : http://koprol.com/users/skullers_hmft
GoogleBuzz : http://www.google.com/profiles/skullers.hmft
 
Milis :  hmft@googlegroups.com
http://groups.google.co.id/group/hmft?hl=id

4 Responses to “[HMFT] [Biaya masuk ITB 2011 & Tips Bayar Murah kuliah di ITB]”

  1. acichan April 5, 2011 at 2:11 pm #

    Makasih kak atas infonya….🙂

  2. pengunjung aja October 30, 2011 at 9:26 pm #

    lho kok form yang prodi sama aja sama form bpm?? emang sama atau salah ya? makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: