Bikin Kamarmu Bermusik dan Berwarna

21 Feb

Bagi seorang pelajar yang merantau untuk menuntut ilmu ke luar daerah, kamar kosan, kontrakan, asrama, ataupun rumah saudara seakan-akan menjadi rumah bagi dirinya sendiri. Kamar yang sekarang seakan menjadi rumah itu tak ayal akan menjadi tempat di mana sang pelajar akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berada di sana (selain di kampus).

Di rumah itulah nantinya segala kegiatan banyak berlangsung, terutama untuk belajar. Maka dari itu, seorang pelajar sebaiknya mem make-over kamarnya agar menjadi sorga baginya untuk belajar.. Salah duanya adalah dengan membuat kamar menjadi bermusik dan berwarna.

(image source: wiraloda.com)

Sebuah penelitian ilmiah telah membuktikan, bahwa musik bisa menentramkan emosi dan meningkatkan kecerdasan. Suasana inilah yang sangat kondusif untuk belajar. Membuat ruangan bermusik dengan lagu yang disukai. Kalau suka lagu jazz ya setel lagu jazz.

Selain itu, ternyata warna ruangan juga mempengaruhi rangsangan untuk belajar. Menurut Jalaluddin Rakhmat (2005) dalam belajar cerda: Belajar berbasiskan otak merumuskan efek warna terhadap otak dan emosi manusia, sebagai berikut:

  • Merah. Bisa meningkatkan tekanan darah, pernapasan, kelenjar adrenalin, dan nafsu makan Bagus untuk orang yang mempunyai tekanan darah rendah atau kelewat tenang. Cocoknya untuk ruang makan
  • Kuning. Bagus untuk merangsang optimisme, harapan, dan keseimbangan. Cocok untuk ruang belajar
  • Biru. Memberikan efek menenangkan dan perasaan nyaman. Bisa menenangkan orang-orang yang lagi tegang, panic, stress,  atau yang lagi cekcok dalam pacaran. Tapi hati-hati, warna ini bisa menurunkan selera makan dan suhu tubuhmu. Cocok buat belajar sekaligus menguruskan badan!
  • Hijau. Juga warna yang menenangkan. Konon warna ini bisa mengurangi alergi makana, sebab dapat merangsang antigen untuk memperbaiki system kekebalan tubuh kita. Artinya cocok juga untuk ruangan belajar
  • Cokelat. Mampu menumbuhkan perasaan aman, rileks, dan mengurangi keletihan. Match buat orang yang super sibuk. Warna ini nggak jelek buat kamar belajar. Tapi hati-hati, warna ini terlalu romantis untuk disinggahi teman lawan jenis!
  • Warna-warna gelap. Punya efek mengurangi stress dan meningkatkan perasaan damai. Cocok buat orang yang temperamental. Masih sesuai untuk kamar belajar.

(image source: rumahkos2an.blogspot.com)

Angi Ma Wong (Nasehat Feng shui, 2005) :

“Gunakan warna cokelat, cokelat kekuning-kuningan, atau coklat muda untuk melambangkan musim semi, usia remaja, kemakmuran, keluarga, keselamatan, nutrisi, kekuatan, pertumbuhan, dan vitalitas.”

Nasehat Feng shui lainnya :

“Jangan menggunakan banyak warna seperti warna emas atau merah. Warna-warna ini merangsang energi & akibatnya tidak akan bisa tidur nyenyak.”

(article source: fun di kampus impian, pengarang Herman Hermit)

Sekarang aja penulis lagi nyetel lagu why Georgia di laptop nya. Dan lagi nulis di kamar birunya… bagaimana dengan pembaca?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: