Optimisme dengan sebuah Kesiapan?

17 Feb

Bagaimana cara membangun sebuah optimisme?

Pertanyaan itu ditujukan biasanya saat seseorang memiliki tujuan yang besar yang ingin diraihnya. Tetapi sebelum nya, mari kita lihat dan sadari, sebenarnya apakah bahan baku atau bahan pembentuk optimisme itu?

Sadar atau tidak disadari ternyata kesiapan lah adalah bahan baku untuk membentuk optimisme. Semakin bagus persiapan, semakin tinggi pula rasa optimisme yang muncul karena kesiapan tersebut. Dan ternyata terjadi hubungan timbal balik antara optimisme dengan kesiapan. Ternyata kesiapan pun membutuhkan sebuah bahan baku, yakni optimisme.

Lalu bagaimana untuk memulai pembuatan optimisme tersebut? pertama mulai lah kesiapan dengan mempersiapkan hal-hal yang mudah. Berkutat dengan yang mudah terlebih dahulu (untuk beberapa waktu), itulah awal optimisme tumbuh, dengan bisa mengatasi hal yang lebih mudah.

Setelah sekiranya bisa mengatasi hal yang mudah tersebut, sebaiknya beralih mempersiapkan hal-hal yang lebih sulit, begitu pun optimisme akan tumbuh. Dengan tumbuhnya optimisme pun, seseorang aka merasa butuh untuk melakukan kesiapan. Itulah timbal balik antara optimisme dengan kesiapan.

Seperti sebuah kutipan dari seorang bijak Lao Tse,

“Sebuah pohon besar bermula dari sebuah biji yang kecil, perjalanan sejauh seribu mil, berawal dari sebuah langkah kecil.”

Kalau seseorang sudah mengetahui bagaimana cara menumbuhkan rasa optimisme, lantas tidak ada yang tidak bisa bukan?🙂

senyuman dalam sebuah optimisme (image from: smartgeneration.wordpress.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: