Lolos Ujian Masuk PTN Tanpa Bimbel?

9 Feb

Gimana cara persiapan ngehadepin ujian masuk PTN kalo ga ikut bimbel?

1.        Cari temen yang ikut bimbel, sebanyak-banyak nya cari bahan belajar dari dia. Fotocopy semua soal-soal yang didapet dari bimbelnya, ataupun modul-modul yang isinya ringkasan-ringkasan materi pelajaran.

2.        Latihan dan pelajari soal-soal ujian masuk tahun lalu. Gue recommend buku terbitan Erlangga, (lupa nama judulnya apa) isinya soal-soal SNMPTN dari tahun 90-an dan ada penjelasan jawaban dari masing-masing soal-soal nya.

3.        Ikutin tryout2 yang biasanya diadain sama PTN ataupun bimbel-bimbel. Contoh kaya tryout tossaka UI, permata STAN, tryout dari Ganesha Operation yang buat umum, dll. Dari tryout ini, lo bisa ngasah kemampuan lo, plus bisa ngerasain gimana sih rasanya kalo pas lagi ikut ujian masuk PTN.

4.        Rajin-rajin kreatif ngeeksplor materi-materi, baik dari buku, internet, catetan temen, dll.

5.        Zenius multimedia wajib banget kalo mau ngejar materi tanpa bimbel (jadinya malah promosi dah).

6.        Ini penting banget, buat kelompok belajar. Bukan gue ngajarin pilih-pilih temen ya, tapi buat sementara ini lo cari deh temen yang punya satu visi sama lo. Lo bisa belajar bareng. Otak satu, sama otak banyak bakal beda banget hasilnya.

2 Responses to “Lolos Ujian Masuk PTN Tanpa Bimbel?”

  1. Abdul Ajis zaenal m May 9, 2011 at 10:13 am #

    iya. .sayangnya gue gak punya temen kek gitu. 00T semua dan beda visi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: