SNMPTN Jalur Undangan bagi SMK?

4 Feb

Jelas sekali terdapat perbedaan yang begitu mencolok antara SNMPTN 2010 dengan  SNMPTN 2011. Perbedaan itu terlihat dari adanya sistem penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan di snmptn..

Gue ga akan banyak bahas tentang apa itu snmptn jalur undangan (lo bisa liat apa itu snmptn jalur undangan di snmptn.ac.id), tapi gue akan bahas tentang tips2 bagi siswa SMK buat mengikuti snmptn jalur undangan, terlebih buat almamater gue dulu, SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta🙂

Langsung aja nih tips2 nya :

1. Jalur undangan wajib buat diikutin

Alesan pertama gue adalah melihat dari kuota penerimaan total snmptn, 60% calon mahasiswa baru akan diterima dari seluruh total kuota melalui jalur undangan. Ini berarti peluang lo buat masuk ke PTN lewat jalur undangan lebih gede (peluang ini ngeliat dari kuota, bukan dari saingannya ya) hehe. Alesan kedua gue, sadar atau engga, peserta yang boleh mengikuti jalur undangan adalah hanya peserta yang lulus dari SMKnya pada tahun yg sama saat snmptn tahun itu berlangsung. (Misal: cuma bagi lo yang lulus di tahun 2011 doang yang boleh ikut/daftar snmptn jalur undangan), itu berarti kalo lo ga dapet PTN tahun ini, tahun depan lo ga bisa daftar snmptn via undangan.

2. Jangan sampe telat daftar snmptn jalur undangan, kalo bisa sekarang juga lo daftar. Jangan ditunda-tunda.

3. Pilih program studi yang sesuai (ada kaitannya) sama keahlian lo saat di SMK

Well, aga muna kayanya gue kalo ngomong kaya gini, secara gue terang2an selingkuh dari telekomunikasi. Tapi gini, balik lagi ke chance peluang lo buat diterima di PTN nya itu, mereka akan lebih melirik kalo lo ternyata emg udah punya keahlian di prog. studi itu sebelumnya. So, gue saranin lo ambil prog. studi elektro atau kawan2nya (kalo di ITB, STEI)

4. Sertain (lampirin) juga prestasi akademik yang pernah lo capai

Misal, lo pernah menang LKS Nasional, atau kompetisi apapun yang berbau akademis, sangat wajib banget lo sertain buat snmptn jalur undangan. Sertain dalam bentuk surat pernyataan dari kepala sekolah, & legalisiran sertifikat award kompetisi nya. Ternyata itu jadi nilai plus dalam penilaian penerimaan kalian loh😉

5. Terus belajar buat yang jalur seleksi nya (kalo seandainya ga diterima lewat jalur undangan)

6. Terakhir, last but not least. Dekatlah denganNya, doa terus semoga diterima via jalur undangan di tahun 2011 ini. Kepada Dia-lah Yang Maha Kuasa🙂

sekian dari gue, semoga tips2nya berguna ya kawan! terus berjuang, jangan pernah meneyerah!!!! -:)


8 Responses to “SNMPTN Jalur Undangan bagi SMK?”

  1. Rosyid March 17, 2011 at 1:55 pm #

    Salam knl, , , aku rosyid dr smk telkom sp purwokerto. Aku jg udah daftar lewat jalur undangan. Tp aku dpt brta kalo itb gag nerima anak smk lwt undangan ya. Apa bnr dmikian. Mksh infoya.

    • Sangga Placenta Avrianza March 17, 2011 at 5:15 pm #

      Salam kenal Rosyid! Sebenarnya ITB menerima jalur undangan untuk siswa SMK tapi hanya dibuka untuk Fakultas Seni Rupa dan Design (FSRD). Tidak dibuka untuk fakultas2 seperti teknik, sains, & bisnis. SMK bisa nyoba lewat SNMPTN ujian tulis..

      Oya, post ini dibuat sebelum ada keterangan resmi dari web USM ITB bahwa SMK ga bisa mengikuti jalur undangan.

  2. ui June 20, 2011 at 11:36 am #

    gue mau tanya nih. gue anak MSK jurusan informatika. nah gue minat banget masuk ke teknik perminyakan ITB, apa bisa ya ???

  3. wilujenghidayati February 25, 2012 at 7:30 am #

    kakak, aku mau murtad juga dari telekomunikasi, tapi murtadnya parah mau ke teknologi pangan, atau biologi murni. kemungkinan diterimanya kecil ya? soalnya kan di rapor ga ada nilai biologi. tapi kalo daya tampungnya banyak bagaimana?

    • Sangga Placenta Avrianza April 1, 2012 at 11:50 pm #

      tell you the truth ane kurang tau ttg sistem penilaian jalur undangan. hipotesis ane si kemungkinan diliat nilai2 mata pelajaran yang bakal berhubungan sama jurusan tsb nantinya. kalo pengen banget masuk situ berjuang di jalur ujian tulis aja Jeng! semangat!

  4. Nailus May 7, 2013 at 1:41 pm #

    Assalamualaikum.
    Saya nailus, siswi SMK yang tahun 2014 lulus. Saya ingin mengikuti jalur undangan ini, tetapi saya tidak mempunyai penghargaan di bidang lomba. Tapi saya selalu mendapatkan peringkat 1 di kelas, apakah itu bisa dijadikan nilai plus untuk saya? Apa ada kemungkinan saya diterima? Terima kasih.

    • Sangga Placenta Avrianza May 20, 2013 at 8:47 pm #

      Untuk jalur undangan bagi beberapa universitas, kriteria citra sekolah (prestasi alumnus sekolah terkait) sangat berpengaruh. Silakan dicoba saja dgn memilih pilihan yg teridealis sampai terrealistis. Berikhtiar dan tawakal, dari pada menyesal tidak pernah mencoba.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: