ITB NOL RUPIAH ?

20 Nov

Kampus Institut Teknologi Bandung

Pertama kali gue tau info ini gue juga kaget.. Waktu itu tepatnya pas gue lagi nyari-nyari info tentang ujian masuk ITB.. Gue yang seorang siswa SMK ini cuma bisa ikut jalur ujian masuk ITB lewat SNMPTN, (padahal sebenernya lewat USM juga bisa, tapi SMK cuma boleh milih FSRD). Oke back to topic, jadi pas waktu gue buka website usm.itb.ac.id , gue kaget sekaget-kagetnya (lebay), sekaligus seneng & bersyukur juga karena ternyata kampus impian gue itu tidak melihat besarnya biaya yang disumbang dan sumbangan minimalnya adalah Rp. 0!!! Bayangkan, kampus idaman banyak banget anak SMA kelas XII se-Indonesia itu, tidak melihat berapa besar biaya sumbangan sebagai salah satu kriteria agar dapat menjadi mahasiswa di kampus tersebut.. For your info : hampir semua mahasiswa yang masuk lewat SNMPTN menuliskan Rp. 0 pada kertas BPMnya

Itulah salah satu kenapa gue jatuh cinta kepada kampus gue sekarang ini (buset matre banget ya gue karna ga bayar uang sumbangan) haha.. Tapi bukan itu! ternyata selidik punya selidik, setelah gue berkuliah selama lebih kurang 4 bulan di kampus gue ini, ternyata gue merasakan sesuatu yang berbeda dengan kampus gue.. ITB, membuka selebar-lebarnya beasiswa untuk mahasiswa dan mahasiswi nya.. Di sini beasiswa tuh buanyyakkkk buanget, yang bakalan menanti mahasiswa nya yang baik lemah dalam ekonomi ataupun berprestasi.. Beasiswa nya ada yang dari ITB sendiri, Pemerintah, IOM ITB, Alumni-alumni ITB, dan yang paling banyak dari perusahaan-perusahaan ataupun yayasan-yayasan luar ITB..

Well, gue sendiri adalah penerima Beasiswa Bidik Misi 2010🙂 , gue mendapatkan beasiswa ini dengan tidak dipersulit. Awalnya, beasiswa ini hanya bisa diberikan kepada mereka yang lulus seleksi ujian masuk ITB lewat USM Dareah maupun USM Terpusat, tapi ternyata gue yang lewat jalur SNMPTN pun Alhamdulillah bisa mendapatkan beasiswa bidik misi ini..

Beasiswa Bidik Misi

Sebenernya apa sih beasiswa bidik misi? Beasiswa bidik misi adalah beasiswa dari Pemerintah yang diperuntukan bagi mereka yang lemah secara ekonomi serta mempunyai prestasi yang baik dalam akademik maupun non akademik.. Lalu beasiswa ini berupa apa sih? Beasiswa bidik misi ini (kalau di ITB) bentuknya adalah Pembebasan semua uang masuk ITB (sumbangan atau BPM, BPP, biaya pendaftaran mahasiswa baru), Pembebasan BPP (biaya semester,dll) selama 8 semester, udah gitu dapet biaya hidup pula sebesar Rp700.000,00 per bulan! Intinya, selama lo kuliah S1 di ITB, lo ga mengeluarkan uang sepeser pun karena ditanggung oleh beasiswa bidik misi.. Wah puji syukur banget ya, Alhamdulillah kepadaNya karena begitu banyak nikmat yang telah diberikan olehNya..

Terus, suka ada nih yang bilang ke diri sendiri, lo ga malu dapet beasiswa yang ber-embel-embel ekonomi lemah? Weittsss, personally, gue akan menjawab SAYA TIDAK MALU MENERIMA BEASISWA TERSEBUT! Saya justru bangga dan bersyukur karena saya bisa mendapatkan beasiswa tersebut! Saya adalah seorang siswa SMK pertama di kampus saya yang bisa mendapatkan beasiswa tersebut! Terus, gimana sih kejadiaannya lo bisa dapet beasiswa Bidik Misi? Wehehe, kejadiannya ga diduga-duga deh,, gini nih, waktu itu, kalo ga salah hari kedua setelah pengumuman SNMPTN gue mau mengunjungi kampus gue dulu, pengen cari tahu ttg kelengkapan dokumen apa aja yang harus dipenuhi untuk pendaftaran mahasiswa baru… Gue ke ITB waktu itu sama dua sahabat gue yaitu Ayu Khairunnisa, Abdul Azis, dan juga saudaranya Ayu, mereka baikkk banget mau menemani gue ke Bandung, *setelah beberapa lama kita di ITB* perut kita keroncongan, ga kerasa ud mau jam 5 sore, akhirnya kita meluncur ke DU buat makan bakso..

Bakso, Mantep banget ya Fotonya

Pas gue lagi makan bakso, tiba-tiba ada telpon dari nomor yang berkode area Bandung.. Untungnya gue menjawab telepon dari nomor itu, *intinya* gue ditelpon oleh ITB karena gue mendapatkan beasiswa bidik misi tersebut! Gue ga tau perasaan gue campur aduk banget waktu itu… Seneng : karena gue dapet beasiswa itu&bisa ngeringanin tanggungan nyokap atas biaya kuliah gue. Pengen nangis : Men, gue ga jaim2 banget buat ngakuin ini, darah gue berdesir dari atas ke bawah (bukan gara2 napsu ya), gue merasa bersyukurrrr banget gue bisa dapet rezeki ini. Kaget : Yaiyalah, secara gue ga pernah daftar ikut beasiswa ini, tiba-tiba gue ditelpon pihak ITB, siapa juga yang ga bakal kaget, Ayu n Azis aja cengo, diem langsung pas denger kabar ini.. Yang gue inget gue langsung pengen meluk si Ayu sekenceng-kencengnya.. Semua juga seneng, teh Uwi saudaranya Ayu juga turut seneng. Gue langsung nelpon nyokap gue yang di Jakarta, dan kita berdua nangis bahagia T.T (lebay banget yak kaya di sinetron)

Back lagi ke Rp. 0, gue kaget lagi nih, pas gue buka web USM ITB yang untuk tahun 2010/2011, ternyata USM Terpusat dihilangkan, semua menjadi USM Daerah, dan untuk SNMPTN pun, nilai sumbangan minimalnya naik menjadi Rp2.500.000,00 . Setelah luamaa banget ITB mempertahankan sumbangan minimalnya yang RP.0 untuk SNMPTN, akhirnya tahun ini berubah juga.. Memang tetep worth sih dengan uang segitu lo bisa berkuliah di ITB.. Hmmm, mungkin ITB lagi butuh dana karna perencanaan pembangunan kampus baru ITB di Jatinangor dan pembangunan pusat riset di Bekasi…

Finally, intinya, gue hanya ingin memotivasi kalian, bahwa ada banyak jalan untuk berkuliah di kampus yang juga berkualitas (Rp. 0, atau Rp 2,5 juta deh utk tahun depan, hehe) dan bahwa kalian pasti juga BISA!!!! kita semua dianugrahi otak yang sama, tinggal bagaimana kita menggunakannya dan mensyukurinya… Akan sangat banyak beasiswa yang menanti kalian jika kalian berprestasi… SAYA PERCAYA BAHWA TIDAK ADA HAL YANG MUSTAHIL UNTUK MEWUJUDKAN KEINGINAN KITA DI DUNIA INI!! KOBARKAN SEMANGAT KALIAN!! MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! (loh?)

Nb : Mohon maaf apa bila ada perkataan saya yang berlebih dan tidak berkenan.. Jika ada pertanyaan dipersilakan berkomentar di bawah ini

43 Responses to “ITB NOL RUPIAH ?”

  1. Satryo Dwi Sutrisno November 20, 2010 at 10:25 pm #

    (¬з¬) nih kak di komen, kalo masuk ITB denger2 kan anak SMK gak bisa selain lewat SNMPTN, nah emang kalo lewat USM daerah bisa? terus nanti gimana alur pendaftarannya?

    • Sangga Placenta Avrianza November 21, 2010 at 6:45 am #

      bisa kok lewat USM Daerah, tapi anak SMK cuma boleh ambil satu pilihan doang : FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain), kalo mau yang teknik dan sains ya harua lewat SNMPTN sat…. nanti gue buat lengkapnya deh di post yang laen.. request ditampung🙂

  2. mystery guest November 20, 2010 at 10:34 pm #

    mantap, sang. 🙂

    gw sendiri dl ngga pernah terpikirkan kalau ada yg spt itu di dunia ini, terutama @ indonesia. ternyata msh ada dan banyak yg msh peduli dg pendidikan.
    gw sendiri jd merasa tergugah ni. sempat nge-down jg ni dg pilihan yg udah gw ambil ini. 🙂 , tp gpp, sementara gw anggap buat pengalaman dan pelajaran hdp aja.

    mdh2an, gw bisa ikutin langkahnya sanggah, deh… jempol buat ANDA. 🙂

    doa dan support buat kesuksesan sanggah… amin…🙂

    • Sangga Placenta Avrianza November 21, 2010 at 6:57 am #

      wehehe, makasi kakk.. gue lagi nyoba ngeposting share2 pengalaman aja nih, hehe

      hm, banyak banget kak bantuan-bantuan buat pendidikan! even mau lanjutin S2 di luar pun Insya Allah banyak jalannya… sekarang kan dunia ud semakin maju, Indonesia juga harus mulai menyadari menghadapi tantangan ke depan, dan pendidikan adalah salah satu prior yang harus diutamain oleh bangsa ini…

      i have hear this once from my friend, “everything you’ve got now is the best thing that Allah gives to you…” , awalnya saya juga mau kerja kakk, tapi ternyata Allah memberikan jalan yg lain, begitu juga dgn ka Mysterious guest :p… kakak juga pasti dapet bayak pengalaman dan pelajaran yang belum saya dapetin di bangku kuliah…… yeahh, that’s life

      Aaamiiin, semoga kita bisa jadi orang yang kita cita-citain dalam bayangan-bayangan mimpi kita ya kak🙂

  3. Abdul Azis November 21, 2010 at 4:32 pm #

    meng, kan kita makannya somay tauk :p
    terus lo minumnya es kelapa tuh yg semangkok kebanyakan dibagi ke gua pas gua udah kenyang😀

    • Sangga Placenta Avrianza November 21, 2010 at 4:38 pm #

      wahahaha iya ya zis? seinget gue, kita makan bakso n es kelapa semangkok… apa gue lagi kepengen bakso ato gue ga fokus makan pas waktu itu ya? hehe

      thanks bngt zis buat lu, Ayu, Teh Uwi, & Pa …. (lupa), hehe

      • Abdul Azis November 21, 2010 at 4:41 pm #

        gua juga lupa itu bapak siapa.
        kita tunggu si ayu nongol aja meng.
        itu gambar baksonya loh yg ngga nahan.
        hahaha….

      • Sangga Placenta Avrianza November 21, 2010 at 4:53 pm #

        parah ye kita.. padahal bapa nya ud bae nganter2 kita zis.. kalo ga salah Pa Maman namanya?

        si Ayu mah lagi sibuk ngeliput berita zis.. :p
        Bhahaha, iya kaya nya gue emg lagi ngidam bakso zis..😀

  4. Abdul Azis November 21, 2010 at 4:57 pm #

    yaudah maen lah ke rumah gua meng..
    tar lu beliin gua bakso, hahaha.
    gua cabut dulu ya meng, ol di kantor nih, haha…..

  5. Novelina Aulia H November 22, 2010 at 11:55 am #

    kaka, kalau mau persiapa SNMPTN kira-kira berapa lama ya? bagusnya dari kelas dua sekarang atau nanti aja pas kelas 3? kan materi sma susah terus di telkom gak dipelajarin -___-

    • Sangga Placenta Avrianza November 22, 2010 at 2:50 pm #

      hem, relatif tiap orang sih vel… idealnya si dipersiapin secepatnya kalu untuk anak SMK… karena kan sama aja ky kita belajar total pelajaran anak SMA…

      tapi kemaren gue baru mulai persiapan pas tanggal 20an April… ya lebih kurang 3 bulan.. kekejar kokk
      Intinya relatif buat tiap orang & kalau 3 bulan tapi sungguh-sungguh juga cukup kok,🙂

  6. Novelina Aulia H November 22, 2010 at 7:50 pm #

    waah, kekejar ya kak? itu ikut bimel dsb gak? terus latian soalnya mtk, fisika, b.ing dapet dari mana kak? kalau SNMPTN materi yang diuji apa aja? masalah penjurusan kita yang nentuin sendiri atau pihak itb nya? hehe maaf ya kak saya banyak nanya, abis dari kecil malah dari tk pengen banget banget banget sekolah di ITB -_____-

    • Sangga Placenta Avrianza November 22, 2010 at 10:05 pm #

      wah, curious banget pertanyaannya vel… satu2 ya,

      gw bimbel, NF & Zenius Multimedia.. soal2 nya dapet dari web zenius n dari buku NF.

      Materi yg diujiin : TPA, MATDAS, MATIPA, FISIKA, KIMIA L, BIOLOGI, B IND, N B INGG..
      kalo awal SNMPTN ya kita yang milih mau fakultas apa… tapi kalo udah tahun kedua baru penjurusannya, kalo di FTI&FTTM penjurusan tergantung minat&nilai IP

      tapi aneh banget vel, lo masih TK ud ngebet ke ITB gitu… hahaha

  7. Novelina Aulia H November 23, 2010 at 12:06 pm #

    soalnya keluarga gue keluaran situ semua kak, dan udah diceritain dari kecil -.-
    TPA? itu pelajaran apa?

    • Sangga Placenta Avrianza November 23, 2010 at 1:22 pm #

      wezzz, semua keluarga lu alumni kampus gue vel?

      dulu pada jurusan apa? tapi gue heran kenapa lu masuk SMK vel….

      TPA = Tes Potensi Akademik, kaya soal2 psikotest gitu

  8. Dessi Sulistiyani November 23, 2010 at 8:15 pm #

    Alhamdulillah😀 seneng dengernya,sukses yak ka. Thanks buat infonya🙂

    • Sangga Placenta Avrianza November 23, 2010 at 1:19 pm #

      AAMIIN.. makasi ncii, ncii juga yaaa sukses
      jadi permasalahan yang bisa keatasin kan cii,
      kesempatan terbuka lebar ci🙂

  9. Novelina Aulia H November 24, 2010 at 12:02 pm #

    gak semuanya, tapi kebanyakan sih keluarga dari bokap. jurusannya elektro sama tekhnik sipil. gue masuk smk soalnya males, mau coba lingkungan yang gue belum kenal kak, hehehe.

    • Sangga Placenta Avrianza November 24, 2010 at 12:22 pm #

      hm itu malah ud enak kan, lu bisa nanya2 ke keluarga lw juga mel… mereka kan ud lulus ITB, pasti tau lebih banyak ttg ITB

      tos lah! gw jg masuk SMK buat nyari suasana baru, biar nemu temen2 baru, ga yang itu itu aja. hehe

  10. Novelina Aulia H November 25, 2010 at 2:53 pm #

    siiiip toss. makasih banyak ya kak informasinya😀

  11. mystery guest 2 December 29, 2010 at 3:21 am #

    mantap, gue dapet blog lo dari mystery guest ke satu yg komen diatas. salut dah. bikin bangga telkom spj. sukses terus ya.

    • Sangga Placenta Avrianza January 27, 2011 at 12:33 am #

      Kali ino mystery guest nya ga bisa ditebak. Hehe. Aaamiin! Sukses jg ya buat abang mystery guest 2!!🙂

  12. Sanda restu wibowo July 31, 2011 at 8:12 pm #

    Manteb kak…
    Aku ank smk, jg pngen msuk itb..

    Kakak dlu di smk jurusan apa? N di itb msuk jurusan apa?

    • Sangga Placenta Avrianza August 22, 2011 at 9:09 am #

      Wah semangat! Saya dulu jurusan Teknik Switching (di bawah Teknik Telekomunikasi). Sekarang di ITB ambil Teknik Industri🙂

  13. dhebbie August 23, 2011 at 6:46 am #

    mau tnya gmna biar ga usah byar yg 55jta yg prtama itu yah? trmkasih .🙂

    • Sangga Placenta Avrianza August 24, 2011 at 5:01 pm #

      Kalau angkatan saya saat masuk ITB dulu sih sumbangan pertama (BPPM) nya sukarela, boleh nol rupiah kalau memang tidak bisa menyumbang..

      Tapi karna kebijakan tahun sekarang yang menetapkan BPPM minimal 55juta, kalau merasa keberatan & ingin meminta keringanan, bisa langsung mengajukan subsidi di formulir BPPMnya. Bisa juga meng-apply beasiswa bidik misi kalau memang saudara merasa kesulitan dalam pembayaran uang kuliah🙂

      • dhebbie August 28, 2011 at 9:06 pm #

        cara apply bidik misi gmana yah ? masih rada bingung nih, soalnya ada bidik misi yang dari sekolah asal juga katanya …

  14. mybhie August 23, 2011 at 1:08 pm #

    oohh berarti SMK bisa masuk ITB yah🙂 kalo mau masuk STEI brrti harus ikut SNMPTN tertulis, gitu??? terimakasih infonya🙂

  15. dhebbie August 26, 2011 at 6:56 pm #

    gmna caranya meng-apply beasiswa bidik misi yah? masih bingung nih, soalnya kan ada juga bidik misi yg dri sklah asal🙂

  16. Aditia Mahdar September 8, 2011 at 11:22 am #

    waaaahhh hebat…..
    memotivasi banget kak
    makasih…
    tpi brarti untuk tahun sekarang g bisa 0 rupiah yah kak -__-

    • Sangga Placenta Avrianza October 2, 2011 at 9:09 pm #

      syukurlah kalo bisa meng-inspiring sedikit.. hehe
      tahun 2011 si udah tidak ada sistem 0 rupiahnya.. belum ada kepastian kebijakan untuk tahun 2012…

  17. Sanda restu wibowo September 21, 2011 at 6:11 am #

    Oooo…
    Trus di snmptn tu kan ada biologi juga tuh kak.
    Nah, kalo di snmptn itu biologi kita jelek, apa juga mempengaruhi, meskipun kita pilih jurusan teknik??
    Makasih

    • Sangga Placenta Avrianza October 2, 2011 at 9:13 pm #

      Baik teknik maupun sains bobot nilai Biologi nya sama.. Jelas sama-sama diperhitungkan🙂

  18. Sudi Waras Restu October 17, 2011 at 2:27 pm #

    weehh
    makasih banget y kak….
    smua keraguanku udah trjawab di posting ini🙂

  19. Pandu Hadi Winata November 11, 2012 at 6:49 pm #

    Mas bener2 masuk itb tanpa bimbel yah?
    hanya dengan buku NF dan Zenius itu bisa :/

  20. amel July 10, 2013 at 10:27 pm #

    Masss mau tanya, kalo masuk FSRD Itu waktu di NF masnya ngambil les untuk anak SMA IPS aja?
    ditunggu jawabannya =) makasih.

    • Sangga Placenta Avrianza July 22, 2013 at 10:07 pm #

      Saya masuk FTI Amel. Tapi kalau kamu hanya mau masuk FSRD, memang benar kamu cukup ambil jalur IPS saja.

Leave a Reply

